Pengertian Sepak Bola Dan Sejarah Sepak Bola

Sejarah sepak bola mencatat bahwa ketua FA yang merupakan organisasi sepak bola dari Inggris, awalnya mencetuskan ide untuk mendirikan sebuah organisasi sepak bola utama ini. Pada saat itu, permainan ini dimulai dengan menggunakan bola yang terbuat dari kulit binatang yang digulung-gulung berbentuk seperti bola. Permainan ini boleh dilakukan dengan seluruh anggota tubuh selain tangan, kecuali penjaga gawang diperbolehkan menggunakan tangan. Hukuman bagi orang yang bersikeras untuk bermain sepak bola pun tak tanggung-tanggung, yakni hukuman penjara. Kedua tim bertanding dengan tujuan untuk memasukkan bola ke gawang lawannya, dan berusaha mempertahankan gawang timnya dari kebobolan. Tak ayal, sederet pertandingan sepak bola selalu ramai disaksikan penonton.

Rasanya Persija dan peristiwa yang menjadi satu tonggak utama dalam sejarah pergerakan kemerdekaan Indonesia adalah dua hal yang tidak dapat dipisahkan. Menembakkan bola dengan menggunakan punggung kaki dapat dilakukan dengan punggung kaki bagian dalam dan punggung kaki bagian luar, hal ini dilakukan untuk menghasilkan bola putar. Banyak dimanfaatkan untuk menembak bola ke gawang dari jarak dekat dan menembak bola dengan memutar bola. Agar dalam eksekusi tendangan pinalti sukses, diperlukan teknik menembak yang benar sehingga peluang terciptanya gol lebih maksimal. Untuk bersenang-senang dengan sesama pemain sepakbola yang sama-sama mencintai sepakbola. Pertandingan Calcio diselenggarakan satu tahun sekali di Plaza Della Novere, Kota Firenze, Italia.

Gawang terdiri atas dua buah tiang yang menjadi patokan tingginya serta satu buah mistar yang menjadi patokan lebarnya. Gol dianggap sah jika bola berhasil melampaui garis gawang yang membentang antara dua tiang gawang. Selain terdiri atas sebelas pemain inti, terdapat pula pemain cadangan dalam sebuah tim. Fungsi pemain cadangan sebagai pengganti pemain inti jika mengalami cedera atau kelelahan saat pertandingan.

sejarah sepak bola

Di masa kepemimpinan Raja Edward III, olaharaga sepak bola sempat dilarang karena banyak menimulkan kekerasan, yang didukung juga oleh Raja James I dari Skotlandia. Pada tahun 1863, aturan dasar sepak bola yang baku ditetapkan oleh 11 sekolah dan klub di Freemasons Tavern, sekaligus menjadi cikal bakal olahraga modern saat ini. Sepak bola modern ini sendiri lahir di Inggris sejak asosiasi sepak bola mulai didirikan.

Sepak bola bertujuan untuk mencetak gol sebanyak-banyaknya dengan menggunakan bola kulit ke gawang lawan. Sepak bola dimainkan dalam lapangan yang berbentuk persegi panjang, di atas rumput atau rumput sintetis. Permainan sepak bola dimainkan oleh dua tim yang masing-masing timnya beranggotakan sebelas orang pemain yang salah satunya penjaga gawang.

Posisi Pemain Sepak Bola

Permainan sepak bolaBanyak orang yang antusias dan ingin untuk belajar mengenai teknik dasar sepakbola yang baik. Sepak bola memang merupakan olahraga yang mengandalkan kemampuan teknis, kecepatan, dan strategi. Untuk bisa bermain sepak bola dengan lebih baik, alangkah baiknya jika mempelajari teknis dasarnya terlebih dahulu. Pada tahun 1869, telah membawa bola telah dilarang dengan tangan dalam sepak bola. Dalam larangan ini berlaku hari ini untuk sepak bola jenis yang begitu modern.

Wasit Dan Petugas Pertandingan Sepak Bola

Dalam satu kali pertandingan sepak bole terdiri dari dua babak yang masing-masing babaknya memiliki durasi 45 menit. Jika dalam dua kali 45 menit belum ada tim yang dapat dinyatakan menang, maka pertandingan akan dilanjutkan selama 2×15 menit. Permainan sepak bola adalah bentuk olahraga fisik yang dapat menyehatkan tubuh, menguatkan mental, memperluas kehidupan sosial, serta mencetak prestasi.

Sejarah Sepak Bola, Permainan Dari Negeri Tirai Bambu

Uniknya, klub sepak bola ini dibentuk oleh perkumpulan anggota olahraga kriket sehingga mereka menolak bermain sepak bola dengan peraturan yang berlaku. Saat pertandingan sepak bola berlangsung, seluruh pemain dilarang menggunakan tangan atau lengan untuk menyentuh bola, kecuali penjaga gawang. Pada 1886, rapat pertama kali dengan agenda pembahasan mengenai pembentukan organisasi IFAB pun diadakan. IFAB akhirnya dibentuk untuk mengoordinasi peraturan sepak bola dunia. Semakin digandrunginya olahraga sepak bola diprekuat dengan dimasukkannya sebagai olahraga resmi dalam olimpiade pada tahun 1908.

Kemudian teknik-tekniknya diubah dan terus mengalami perkembangan sehingga cukup populer dan terkenal di negeri Pizza ini. Kemudian, Soeratun mengadakan pertemuan demi pertemuan dengan tokoh-tokoh sepak bola di Solo, Yogyakarta dan Bandung. Pertemuan dilakukan dengan kontak pribadi menghindari sergapan Polisi Belanda . Tahun 1888, ditetapkan aturan bahwa wasit sudah mulai memegang penuh kendali dalam pertandingan.

Sepak Bola Muncul Di Jepang

Dengan demikian, pemain di depan yang ingin merebut bola dapat dihindari. Dalam hal ini, teknik menendang bola dapat dilakukan dengan tiga cara salah satunya yaitu menendang bola menggunakan kaki bagian dalam. Selain itu cara menendang bola juga dapat dilakukan dengan menggunakan kaki bagian luar dan juga kaki bagian punggung. Di tahun 2017 ini nyaris semua orang tahu permainan sepakbola baik pria maupun wanita. Jadi boleh dibilang bahwa sepak bola merupakan salah satu olahraga atau permainan yang paling digemari di muka bumi ini. Bahkan FIFA pernah mengeluarkan survey yang bertajuk FIFA Big Count 2006.

Selain keluar dari lapangan, pemain yang mendapatkan kartu merah juga tidak dibolehkan mengikuti pertandingan berikutnya. Handsball merupakan pelanggaran yang terjadi karena pemain menyentuh bola dengan tangan. Menyentuh bola dengan tangan bisa dikenai hukuman handsball meskipun terjadi karena ketidaksengajaan.

Pada tahun 1904 FIFA terbentuk di Prancis yang beranggotakan Swedia, Swiss, Belgia, Belanda, Spanyol, dan Prancis. Pada 1977 dan 1985 FIFA pertama kali mengadakan turnamen untuk pemain-pemain muda di bawah 20 tahun, dan di bawah 17 tahun. Untuk pertama kalinya pertandingan di luar Inggris, yaitu pertandingan antara Kadana vs AS pada tahun 1885.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>